Cara Download Sertifikat Vaksin

ombudsman.or.id – Salah satu bukti seseorang sudah divaksinasi untuk mencegah virus COVID-19 ialah dengan memiliki sebuah surat vaksin. Karena begitu penting, maka masyarakat pun ingin mengetahui, bagaimana cara download sertifikat vaksin.

Hal ini, berdasarkan aturan pemerintah Indonesia yang memberlakukan sertifikat vaksin. Terutama saat berkunjung ke suatu tempat, seperti Mall, tempat wisata. Hingga melakukan beberapa kegiatan. Untuk itu, yuk kita perhatikan bagaimana sih caranya mengunduh sertifikat vaksin dengan mudah.

 

Syarat Memiliki Sertifikasi Vaksin

Vaksin diberikan pada masyarakat untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 sehingga masyarakat wajib melakukan vaksin untuk mendapatkan sertifikasi. Sertifikat ini nantinya bukan hanya menjadi bukti bahwa kamu sudah melakukan vaksin.

Namun bisa digunakan untuk melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan perjalanan hingga mengurus dokumen penting di kantor pemerintahan.

Oleh sebab itu jika ingin memiliki sertifikat vaksin, kamu harus memenuhi beberapa syarat wajib seperti di bawah ini:

1. Minimal Sudah Vaksin Pertama

Tentu, tidak ada surat vaksin apabila kamu belum melakukan vaksinasi pertama. Maka itu, masyarakat pun wajib melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Barulah, sertifikat atau surat vaksin tersebut bisa kamu terima secara resmi.

Ya, minimal untuk vaksinasi pertama. Sekarang ini, kamu bisa dengan mudah kok ikut vaksinasi secara massal. Misalnya di daerah setempat, seperti RT, RW, Kelurahan, hingga kecamatan. Atau bisa juga melalui Lembaga resmi seperti puskesmas dan rumah sakit

2. Siapkan Ponsel dan Kuota

Kalau kamu sudah menyelesaikan vaksinasi pertama, biasanya sertifikat tersebut tidak langsung dalam bentuk cetak. Melainkan dalam bentuk digital. Maka, itulah untuk mendapatkan versi hard copynya kamu mengunduh terlebih dahulu.

Cara download sertifikat vaksin pun mudah banget. Hal pertama perlu kamu siapkan adalah perangkatnya. Akan lebih mudah menggunakan ponsel Android maupun iPhone. Gak perlu spesifikasi dewa buat mengunduhnya. Pasalnya, ponsel dengan spesifikasi standar pun bisa kamu gunakan.

Selain itu, jangan lupa juga buat siapkan kuota tuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Merupakan sebuah aplikasi wajib untuk ke semua tempat. Serta menyediakan layanan download surat vaksin. Jika gak ada kuota pun, bisa kok gunakan jaringan lain, seperti Wi-Fi.

 

Download Sertifikat Vaksin Dengan Mudah

Lanjut, setelah kamu siapkan perangkatnya. Boleh itu Android atau iPhone. Sekarang, tahapan berikutnya, kita harus download terlebih dahulu aplikasi PeduliLindungi. Berikut ini link downloadnya:

Oke, kita langsung ke tahap selanjutnya aja, ya. Yakni mulai mengunduh sertifikat menggunakan Apk PeduliLindungi. Baiklah, silahkan kamu buka aplikasinya. Kemudian, klik mulai dan tap saya setuju pada syarat dan ketentuan.

 

Informasi Aplikasi

Nama AplikasiPeduliLindungi
Update Terbaru19 Oktober 2021
Ukuran Aplikasi37MB
Versi Aplikasi4.0.2
Android VersiAndroid 5.0+

 

 

Download aplikasinya lalu install pada perangkat kamu agar bisa digunakan untuk download sertifikat hasil vaksin yang sudah kamu lakukan. Jika aplikasi sudah terunduh dan terinstall, maka berikut ini adalah cara mendapatkan sertifikasi vaksin dengan mudah.

 

1. Login Pada Aplikasi PeduliLindungi

Lanjutkan, dengan masukkan nomor ponsel yang terdaftar saat kamu awal vaksinasi. Harap gunakan nomor tersebut, ya. Supaya sertifikat vaksin langsung muncul dan bisa kamu download. Atau dapat juga menggunakan email aktif yang kamu gunakan saat pendaftaran vaksinasi pertama.

Jika sudah, tap Masuk. Akan muncul notifikasi Masukkan 6 digit kode verifikasi. Kamu bisa cek kode tersebut pada pesan masuk. Lalu, ketik deh kode yang telah dikirimkan oleh PeduliLindungi. Tap Selanjutnya.

Jika muncul notifikasi aktifkan lokasi. Klik selanjutnya dan izinkan aplikasi tuk hidupkan layanan lokasi pada ponsel. Terus klik selanjutnya sampai berhasil masuk ke dashboard Apk PeduliLindungi. Terdapat beberapa menu bisa kamu lihat.

Ada Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code, Teledokter, dan lainnya. Lanjutkan dengan tap menu Akun. Tekan menu sertifikat vaksin dan tap tombol bertuliskan namamu untuk melihat sertifikat vaksin. Akan muncul deh gambar sertifikatnya.

Apabila kamu baru selesai vaksinasi pertama, maka hanya muncul satu sertifikat saja. Tapi, kalau sudah dua kali, terlihat dua sertifikat vaksin.

2. Pilih Sertifikat Vaksin Untuk Kamu Unduh

Buat download sertifikat yang sudah muncul mudah banget, kok. Kamu cukup tap sertifikatnya untuk melihat lebih jelas lagi gambar tersebut. Kemudian, muncul juga tombol Unduh Sertifikat. Kamu bisa tap tombol itu untuk mengunduh secara otomatis.

Jika berhasil terunduh akan terlihat notifikasi bahwa sertifikat berhasil tersimpan. Supaya lebih yakin lagi. Bisa kok cek langsung di galeri ponsel. Pasti deh, kamu langsung melihat gambar sertifikat vaksin pada urutan pertama.

Gampang banget kan buat kita mengunduh sertifikat secara langsung. Bahkan hanya menggunakan aplikasi PeduliLindugi. Serta, beberapa langkah saja buat kita dapatkan sertifikat digital tersebut.

 

Bisa Juga Unduh Sertifikat Lewat Laptop

Tak hanya bisa lewat ponsel Android dan iPhone. Bisa juga loh lewat Laptop buat unduh sertifikat vaksin. Caranya pun hampir sama dengan menggunakan Android maupun iPhone. Nah, bedanya adalah jika menggunakan lewat kamu harus mengunjungi website PeduliLindungi. Supaya gak bingung berikut cara bisa kamu ikuti.

  1. Tahapan pertama yakni buka browser yang tersedia pada Laptop. Bisa itu Chrome, Mozilla, Opera, dan lainnya.
  2. Pada kolom pencarian, ketikan saja PeduliLindungi.id supaya langsung masuk ke dalam website.
  3. Langkah berikutnya, silahkan login menggunakan nomor ponsel atau email telah terdaftar saat vaksinasi pertama.

 

Selanjutnya, sama juga kok seperti di aplikasi PeduliLindungi. Yakni, cukup pilih menu akun untuk melihat dan mengunduh sertifikatnya. Sama mudahnya kan dengan download melalui menu akun. Dan disana akan menemukan menu lagi untuk kalian mengunduh sertifikat vaksin.

 

Pentingnya Penggunaan Sertifikat Vaksin

Apakah vaksinasi penting untuk kita saat ini dan untuk kedepannya. Tentu jelas penting banget, loh. Karena merupakan salah satu bentuk pencegahan dari kita sendiri terhadap wabah yang melanda dunia saat ini. Yaitu, virus COVID-19.

Nah, sebagai bukti kita telah vaksinasi adalah dengan memiliki vaksinasi resmi telah terdaftar di pemerintahan Indonesia. Dan perlu kamu tahu, kalau surat vaksin yang resmi bisa kamu lihat pada aplikasi PeduliLindungi.

Makannya, sekarang ini, aplikasi tersebut menjadi sangat penting. Karena dapat mengecek Riwayat perjalan kita. Serta, digunakan untuk melihat surat vaksin.

Nah, sertifikat vaksin juga sekarang ini menjadi syarat wajib untuk berbagai macam kegiatan diluar ruangan, loh. Contohnya, saat kita berpergian ke Mall, tempat rekreasi, perpustakaan umum, supermarket, kantor pemerintahan, dan berbagai tempat lainnya.

Kita pun wajib tahu cara download sertifikat vaksin. Supaya bisa dicetak jadi bentuk hardcopy. Karena hal tersebut kadang bisa sebagai syarat wajib saat kita mengurus beberapa keperluan.

Misalnya, saat membeli tiket kereta, pesawat, bus ketika kita hendak pergi keluar kota. Atau syarat untuk daftar sekolah dan kuliah, mengurus surat-surat ke Lembaga pemerintah. Dan masih banyak lagi.

Sekarang kita sudah paham betul mengenai cara download sertifikat vaksin dengan mudah dan cepat. Jadi, kedepannya kamu gak akan kesulitan lagi deh, jika ingin menunjukkan surat vaksin kemana pun dan untuk urusan apapun.